Social Icons

Kamis, 25 Desember 2014

Pantai Glagah, Kulon Progo

Kali ini, saya mengeksplor keindahan tersembunyi di Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Sebagai anak keturunan asli Kulon Progo, bisa dikatakan saya bukanlah orang yang mengetahui seluk beluk Kulon Progo. Maklum saja, saya ke Kulon Progo hanya 1 tahun sekali ketika Hari Raya Idul fitri. Namun ketika sudah mulai bisa naik motor sendiri, rasa ingin tahu saya mulai mengusik ingin menjelajahi sudut-sudut Kulon Progo. Destinasi wisata Kulon Progo yang saya kunjungi adalah Pantai Glagah.
Pantai Glagah terletak di Muara sungai Serang, Kecamatan Temon, Kulon Progo. Pantai ini sangat mudah dijangkau karena letaknya tidak jauh dari Kota Wates yang merupakan Kota Kabupaten dari Kulon Progo. Lokasinya sekitar 40 KM ke arah barat dari Kota Yogyakarta. Ketika sudah sampai Wates, ikuti petunjuk jalan yang mengarah ke Purworejo. Karena Pantai ini bisa dikatakan lebih dekat Purworejo daripada kota Yogyakarta.
Keunikan Pantai ini yaitu adanya tanggul pemecah ombak “sea wall” yang dibangun untuk mencegah ombak pantai selatan yang terkenal ganas. Ratusan tetrapod diletakkan di bibir pantai yang konon nantinya di Pantai Galagah ini akan dibangun pelabuhan.
Ciri khas lain dari Pantai Glagah adalah adanya Laguna. Di Laguna ini kita dapat bermain permainan air, seperti getek, kapal wisata, bebek air dll. Bagi para pejantan tangguh bisa mencoba ATV untuk menaklukkan pasir hitam atau bisa juga motorcross.
Di sekitaran area juga banyak sekali cinderamata khas Kulon Progo. Biasanya merupakan kerajinan tangan. Jadi sangat unik. Jika sudah lelah menikmati pantai dan berburu cinderamata. Bisa langusng mampir di pondok-pondok makan yang menyajikan berbagai makanan laut.
Pemandangan yang indah selama perjalanan menuju dan meninggalkan Pantai Glagah juga bisa dibuat foto-foto. Jalan sunyi dengan pohon bakau disamping kanan kirinya sangat eksotis menurut saya. Tapi bagi yang bisa menahan rasa malu ya , karena foto ditengah jalan ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates