Social Icons

Jumat, 24 April 2020

Hikmahku di Ramadhan Hari Pertama (Tadarus)

Ramadhan 1441 H, Hari 1

Tadarus,

      Di bulan Ramadhan akan sering muncul konten-konten yang berisi dakwah agama Islam, dari mulai membahas puasa, solat tarawih, berbuka, imsak, zakat dan tentunya tadarus.
       Tadarus bagi sebagian orang adalah sesuatu kegiatan yg mungkin jarang dilakukan di tengah aktivitas yg padat dalam kesehariannya. Tidak usah jauh-jauh, saya saja juga seperti itu. Untuk istiqomah minimal setiap hari harus tadarus saja kadang pasti terlewat sesekali. Namun, di bulan yg penuh berkah ini memang seperti ajang pengumpulan pahala karena akan dilipat gandakan. 
       Dulu ada gerakan ODOJ (One Day One Juz). Saya masih ingat ketika kuliah saya berpikir, kenapa tadarus harus ditarget dipaksakan dan dilaporkan ke satu grup. Agak kurang srek saja. Tetapi, ternyata saya pernah melukannya setiap Ramadhan sewaktu  kecil, di tempat ngaji badha dhuhur harus berangkat dan wajib membaca AlQuran 1 juz. agar Ramadhan selesai bisa khatam 1 AlQuran. 
       Setiap tahun, pasti ada yang memposting tips agar katam Alquran 1x, 2x, 3x bahkan 4x selama bulan Ramadhan. Tak ada salahnya kita mengikuti tips tersebut. Kebetulan saya dari dulu memang punya target sendiri untuk tadarus di Bulan Ramadhan. Minimal khatam 1x, syukur bisa 2x dalam sebulan. Namun tidak terpatok harus selesai solat wajib mebaca berapa lembar. Yg penting target sehari saya harus selesai 2 juz, kalau memang sedang terpepet ya 1,5 juz (Tapi entah ada angin apa Ramadhan ini bisa sampai 3 juz sehari. Mungkin efek WFH). Hal tersebut sudah cukup lama saya lakukan. Karena sebagai perempuan tentunya tidak bisa setiap hari membaca Alquran, karena jika ada tamu bulanan datang otomatis libur dulu tadarusnya. Jadi trik tersebut saya lakukan agar selama Ramadhan bisa katam Alquran. Jadi sebenarnya sehari cukup 1 juz untuk bisa katam. Namun saya lebihkan sebagai tabungan/pengganti saat saya sedang tidak boleh membaca Alquran.

Hikmah dari topik tadarus ini.
 Menurut saya sah sah saja seseorang menentukan target ibadahnya karena telah mengukur kemampuan atau malah dosanya sendiri guna mengharap tentunya Ridho dan pahala dari Allah SWT.
Semoga ibadah tadarus kita diterima

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates